Cari Artikel Di Sini

Rabu, 03 Agustus 2011

Musik Blues

Pengertian:
Dahulu musik ini dikenal sebagai bentuk perlawanan para budak-budak Afrika di Amerika. Musik ini juga dikenal sebagai bapak dari musik rock, jazz, dan musik aliran keras lainnya yang berkembang di Amerika. Gitar adalah instrumen utama dan harmonika sebagai instrumen tambahan dari musik blues. Masih banyak lagi instrumen-instrumen lain yang bisa ditambahkan seperti drum, dan lain-lain.

Musik blues sebenarnya adalah musik yang ringan jika dipelajari. Musik ini sebenarnya terdiri dari beberapa nada-nada dasar berpola. Namun kebanyakan pemusik blues terdahulu tidak mempelajari pola-pola tersebut. Yang mereka andalkan adalh pendengaran, jiwa, dan skill musik mereka karena jenis musik ini sangat dipengaruhi oleh emosi jiwa sang pemusik.

Musik ini sekarang lebih dikenal sebagai musik jadul. Karena “anak” dari musik ini sangat banyak dan lebih disukai karena lebih modern dan ringan untuk dimengerti, contohnya Rn'B, Rap, Rock dan Jazz.

Tidak diketahui siapa orang yang pertama kali menemukan musik ini. Yang pasti budak-budak Afrikalah yang turut andil dalam penyebaran musik ini. Musik ini sempat dilarang untuk dinyanyikan karena sebagai bentuk perlawaanan terhadap pemerintah. Namun lambat laun musik ini menjadi musik yang populer di masyarakat.

Pendapat Penulis:
Menurut saya musik blues tidaklah kuno. Kita ambil contoh band Slank yang beraliran rock blues, mereka tetap PD dan enjoy dalam bermain musik. Bahkan fans mereka sangatlah banyak. Itu artinya bukan bapak-bapak saja yang menjadi penikmat nomor satu, pemuda-pemuda juga secara tidak langsung merupakan penikmat musik ini.

Kesimpulan:
Bagi yang belum mengetahui musik ini saya sarankan untuk mencoba mendengarkannya. Kalian akan tau bahwa aliran musik ini banyak menyisip di aliran musik tertentu. Bisa kita katakan bahwa musik ini adalah bapak dari segala musik.



Photobucket

Tidak ada komentar:

Posting Komentar